Kurikulum

PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN

a. Intra Kurikuler

1. Struktur Kurikuklum

Struktur  Kurikulum SMA Babussalam Pekanbaru memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut:

1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia

2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi

4. Kelompok mata pelajaran estetika

5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

6. Kelompok mata pelajaran kepesantrenan

 

      Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian cakupan dari masing-masing kelompok mata pelajaranm itu dapat diwujudkan melalui proses pembelajaran pada mata pelajaran yang relavan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

No.

Kelompok

Mata Pelajaran

Cakupan

1.

Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia di SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT), berakhlak mulia, dan gemar beramal. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

 

2.

Kewarganegaraan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian di SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan untuk poeningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan yang dimaksud termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak azazi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta prilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.

3.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan agar peserta didik memperoleh kompetensi lanjut tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta membudayakan sikap sebagai pembelajar sepanjang masa, berpikir ilmiah, kritis, kreatif, mandiri dan inovatif.

 

4..

Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika pada SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan untuk mengekspresikan dan mengapresiasikan keindahan dan harmoni. Kemampuan untuk mengekspresikan dan mengapresiasikan keindahan dan harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individu sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup karunia Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT), maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonik.

 

5.

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik dan membudayakan sikap sportif, disiplin, kerjasama dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran sikap dan prilaku  hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari prilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

6.

Program Kepesantrenan

Kelompok mata pelajaran program kepesantrenan dimaksudkan untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, berakhlak mulia, dan gemar beramal sebagai wujud umat Islam yang berpotensi (santri). Mata pelajaran pada kelompok ini terdiri dari: Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, Qowaid/Nahu Sharaf, Tafsir Ahkam, Bahasa Arab Muthalaah, dan Bahasa Arab Kitab Kuning.

 

Penyusunan struktur kurikulum didasarkan atas standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran. Atas persetujuan Komite Sekolah, Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Pekanbaru dan dengan menyesuaikan pada sarana belajar serta minat peserta didik, sekolah (SMA Babussalam Pekanbaru) menetapkan pengelolaan kelas sebagai berikut:

a.   Menetapkan sistem paket, yaitu peserta didik mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang telah diprogramkan dalam struktur kurikulum SMA Babussalam Pekanbaru.

2.  Rombongan belajar berjumlah 09 kelas dengan rincian sebagai berikut:

a. Kelas X berdasarkan Kurikulum Merdeka  terdiri 2 rombongan, yaitu X.1 sampai dengan X.2 tanpa jurusan dan peminatan.

b. Kelas XI berdasarkan Kurikulum Merdeka  terdiri 2 rombongan, yaitu X1.1 sampai dengan XI. 2 berdasarkan mata pelajaran pilihan tanpa jurusan dan peminatan

c. Kelas XII berdasarkan Kurikulum Merdeka  terdiri 2 rombongan, yaitu X1I.1 sampai dengan XII. 5 berdasarkan mata pelajaran pilihan tanpa jurusan dan peminatan

3. Muatan Kurikulum Kelas X terdiri atas:

a. 15 mata pelajaran wajib sesuai  dengan mutan Kurikulum Merdeka

b. 9 mata pelajaran Program Kepesantrenan.

c. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

d. Ekstrakurikuler wajib: Pramuka dan Seni Berpidato (Muhadhoroh)

e. Pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler: Tadarus Al-Qur’an, Hafiz Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Baca Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Cerdas Cermat isi kandungan Al-Qur’an,  Pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), Olimpiade Mata Pelajaran (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer, Astronomi, dan Kebumian), Desain Blog, Karya Tulis Ilmiah, Paskibra, Seni Musik, Seni Suara, jurnalistik, Baca dan Resume Buku, Pengelolaan Perpustakaan kelas,  Hadroh, dan Olahraga Prestasi (Sepak bola, Futsal, Basketball, Vollyball, Sepak Takraw, Lempar Cakran, Lempar Lembing, Tolak Peluru, Lompat Jauh, Lari, Pencak Silat, dan Panahan).

4. Muatan Kurikulum Kelas XI terdiri atas:

a. 14 mata pelajaran (Kurikulum Merdika) yang terdiri atas 9 mata pelajaran wajib (A dan B), 4-5 mata pelajaran pilihan, dan 2 mata pelajaran Lintas Minat.

b. 8 mata pelajaran Program Kepesantrenan.

c. Ekstrakurikuler wajib:  Pramuka dan Seni Berpidato (Muhadhoroh)

d.Pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler: Tadarus Al-Qur’an, Hafiz Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Baca Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Cerdas Cermat isi kandungan Al-Qur’an,  Pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), Olimpiade Mata Pelajaran (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer, Astronomi, dan Kebumian), Desain Blog, Karya Tulis Ilmiah, Paskibra, Seni Musik, Seni Suara, jurnalistik, Baca dan Resume Buku, Pengelolaan Perpustakaan kelas,  Hadroh, dan Olahraga Prestasi (Sepak bola, Futsal, Basketball, Vollyball, Sepak Takraw, Lempar Cakran, Lempar Lembing, Tolak Peluru, Lompat Jauh, Lari, Pencak Silat dan Panahan).

5. Muatan Kurikulum Kelas XII terdiri atas:

a. 14 mata pelajaran (sesuai dengan kurikulum merdeka) yang terdiri atas 9 mata pelajaran wajib (A dan B), 4-5 mata pelajaran pilihan, dan 1 mata pelajaran Lintas Minat.

b. 5 mata pelajaran Program Kepesantrenan.

c. Ekstrakurikuler wajib: Pramuka dan Seni Berpidato (Muhadhoroh)

d. Pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler: Hafiz Al-Qur’an, Seni Baca Al-Qur’an, Pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), Hadroh, dan Olahraga Prestasi (Sepak bola, Futsal, Basketball, Vollyball, Pencak Silat dan Panahan).

6. Waktu Belajar Intrakurikuler:

a. Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.15 WIB, diselingi istirahat  selama 15 menit (pukul 10.00 sd 10.15 WIB), dan Ishoma pukul 12.15 sd 13.20 WIB (menyesuaikan masuk waktu Dzuhur).

b. Hari Jum’at mulai pukul 07.00 sd 11.20 WIB dilanjutkan pembelajaran mulai pukul 13.40 sd 15.05 WIB, diselingi istirahat selama 20 menit (pukul 09.40 sd 10.00 WIB), dan Ishoma pukul 11.20 sd 13.40 WIB.

7. Alokasi waktu untuk satu jam pelajaran adalah 45 menit.

8. Penambahan Alokasi waktu mata pelajaran,

a. Penambahan Alokasi Waktu di Kelas X:

     - Mata pelajaran Program Kepesantrenan 14 jam pelajaran.

     - Bimbingan dan Konseling (BK) dialokasikan 4 jam pelajaran (180 menit) setiap bulan pada setiap rombongan belajar.

b. Penambahan Alokasi Waktu di Kelas XI dan XII:

      - Mata pelajaran Program Kepesantrenan 14  jam pelajaran.

     - Bimbingan dan Konseling (BK) dialokasikan 4 jam pelajaran (180 menit) setiap bulan pada setiap rombongan belajar.

Seluruh rombongan belajar di semua tingkatan kelas ditambah dengan mata pelajaran Program Kepesantrenan, hal ini mengingat SMA Babussalam Pekanbaru adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) berbasis pesantren yang diharapkan dapat membekali peserta didik dengan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama (Islam) yang lebih baik, menjadikannya berakhlak mulia, dan gemar beramal dalam kehidupannya (membantu sesama manusia). Bimbingan dan Konseling (BK) dialokasikan 4 jam pelajaran  setiap bulannya pada semua rombongan belajar di kelas X, XI dan XII, dimaksudkan untuk membantu peserta didik mengenali potensi dirinya sehingga dapat mengoptimalkan prestasi belajarnya dan dapat merencanakan studi lanjutan dan karir dengan lebih baik.

            Struktur Kurikulum SMA Babussalam Pekanbaru untuk Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah sebagai berikut:

STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA (KELAS X, XI DAN XII)

SMA BABUSSALAM PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025

A.  STRUKTUR KURIKULUM KELAS X (Kurikulum Merdeka (Kurmer))

B.  STRUKTUR KURIKULUM KELAS XI (Kurikulum Merdeka (Kurmer))

C.  STRUKTUR KURIKULUM KELAS XII (Kurikulum Merdika)

D. Program Muatan Lokal

Muatan Lokal (Mulok) di SMA Babussalam Pekanbaru pada Tahun Pelajaran 2024/2025 terintegrasi pada mata pelajaran Penjas Orkes berupa permainan takraw dan bela diri pencak silat, pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (masakan Melayu Riau), dan pada mata pelajaran Seni Budaya berupa motif dan ukiran Melayu Riau, kesenian-kesenian Melayu Riau, yang tujuanya untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah Riau. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, dan tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan..                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Muatan lokal pada mata pelajaran Seni Budaya dipelajari dan dikembangkan kemampuan peserta didik untuk membuat Seni Ornamen Melayu Riau. Muatan lokal pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKU) dipelajari dan dikembangkan kemampuan peserta didik dalam mempromosikan dan menjual hasil karya Seni Ornamen Melayu Riau melalui kegiatan-kigiatan bazaar, PPDB/open house, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Unjuk Prestasi, dan Prasidhidina di sekolah, dan even-even lain yang relavan di luar sekolah. Muatan lokal pada mata pelajaran Penjas Orkes dipelajari dan dilatih kompetensi peserta didik dalam permainan-permainan rakyat Riau, seperti olahraga sepak takraw dan kasti.

a. Program Pengembangan Diri              

   Kegiatan pengembangan diri di SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengekspresikan kemampuan dirinya berdasarkan bakat, minat dan potensi dirinya sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri ini difasilitasi oleh konselor (guru BK) dan guru lainnya dalam bentuk kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan ini meliputi:

b. Pengembangan Diri dalam Bentuk Kegiatan Kurikuler

Pengembangan diri dalam bentuk kurikuler dilaksanakan untuk kelas X, XI  dan XII berupa:

1)  Pembinaan Olimpiade Mata Pelajaran (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer, Kebumian, dan Astronomi).

Mekanisme pemilihan kelompok ini melalui tes tertulis yang diadakan oleh sekolah pada semester ganjil. Strategi pembinaan kelompok dilakukan minimal sekali dalam 2 minggu, melalui konsultasi jika diperlukan, dan mengikutsertakan dalam berbagai lomba di perguruan tinggi dan instansi terkait.

2)  Pengembangan Bahasa Inggris

Pengembangan Bahasa Inggris di SMA Babussalam Pekanbaru sudah dimulai pada Tahun Pelajaran 2016/2017, dan mulai Tahun Pelajaran 2016/2017 diarahkan agar mahir conversation dengan mengambil waktu mata pelajaran Sejarah Wajib, PPKN, Seni Budaya dan Prakarya selama 3 bulan pertama. Selama kurun waktu tersebut pembelajaran keempat mata pelajaran tersebut dilaksanakan dengan sistem modul dan penugasan.

3)  Pengembangan Bahasa Arab

Pengembangan Bahasa Arab untuk Tahun Pelajaran 2024/2025dilakukan dengan penjadwalan ekstrakurikuler di asrama.

4)  Tahfiz Al-Qur’an

Pembinaan tahfiz Al-Qur’an dilakukan oleh wali kelas dan guru yang ditunjuk yang tugasnya melatih, memotivasi, dan menerima setoran hafalan Al-Qur’an di kelas. Hafalan Al-Qur’an dimulai dari Juz 1, dilanjutkan Juz 30 (wajib) dan seterusnya. Selain Pembimbing Al-Qur’an, para peserta didik masih diuji lagi oleh guru-guru penguji. Peserta didik yang cemerlang tahfiz Al-Qur’annya dibimbing oleh pembimbing khusus agar dapat mencapai hafalan maksimal.

 

c. Pengembangan Diri dalam Bentuk Kegiatan Ekstra Kurikuler

Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler meliputi:

1) Ekstra Kurikuler Wajib (Kelas X dan XI):

     (1). Kegiatan Pramuka

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu pukul 13.20 sampai 14.40 WIB, dikelola oleh 1 orang Ka Gudep Putra, 1 orang Ka Gudep Putri, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, melibatkan seluruh wali kelas X, XI, dan XII serta dipandu oleh 3 orang pelatih putra dan 2 orang pelatih putri.

     (2). Bimbingan dan Konseling (BK)

            Bimbingan dan Konseling (BK) dimaksudkan agar peserta didik dapat mengenali potensi dirinya sehingga dapat mencapai prestasi optimal dengan bersemangat dan dapat menentukan pilihan prodi di perguruan tinggi dengan baik.

2) Ekstra Kurikuler Pilihan:

   (1). Muhadhoroh/Pidato (Ceramah Agama Islam)

Pembinaan muhadharah/pidato (Ceramah Agama Islam) dalam tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris) dilakukan sebagai berikut:

a.     Dua kali setiap bulan yaitu pada hari Senin minggu kedua dan keempat pukul 07.00 - 07.45 WIB di ruang kelas masing-masing rombongan belajar dengan wali kelas sebagai fasilitator, selanjutnya akan diperlombakan dengan rombongan belajar lainnya di tingkat sekolah setiap bulan pada hari Kamis sewaktu jam Pramuka minggu keempat.

b.     Setiap malam Minggu dipilih dan ditampilkan di Mesjid Darussalam Komplek Pesantren Babussalam Pekanbaru.

   (2). Hadroh

Pembinaan kesenian Islam Hadroh dilakukan di asrama pada malam Minggu (sekali dalam 2 minggu) pukul 20.30 - 22.00 WIB.

   (3). Olahraga Prestasi (Sepak Bola dan Futsal)

   (4). Olahraga Prestasi (Vollyball dan Basketball)

Pembinaan kegiatan ini dilakukan pada setiap pagi hari Minggu.

   (5). Musikalisasi Puisi

   (6). Seni Rupa

   (7). Paskibra

Musikalisasi puisi, dan seni musik diberi kesempatan unjuk prestasi 1 kali setiap bulan dengan mengambil waktu hari Sabtu sesuai yang dijadwalkan pada Kalender Pendidikan SMA Babussalam Pekanbaru.

(8). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

   (9). KSPA (Kelompok Siswa Peduli Aids)

                  (10). Jurnalistik dan Majalah Dinding

Pembinaan Jurnalistik dan Majalah Dinding dikelola oleh wali kelas dengan koordinasi Waka Kesiswaan, diterbitkan minimal sekali setiap bulan.

                  (12). Pencak Silat (khusus Putra)

Latihan pencak silat dilakukan pada malam Rabu dan malam Minggu.

(13). Panahan

      Latihan panahan dilakukan secara terjadwal 2 kali seminggu dengan mendatangkan pelatih yang profesional.

(14) Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR)

Pembinaan penulisan KTIR dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia dengan mengikutsertakan dalam berbagai iven yang relavan, dan di kelas XII diwajibkan sebagai salah satu syarat kelulusan program pondok.

2. Capaian Pembelajaran (CP) semua Mata Pelajaran (Terlampir)

b. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan ko-kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai nilai Pancasila, dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah; Bukan suatu kegiatan rutin per- minggu. Tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran; Merupakan kegiatan pembelajaran yang lebih fleksibel, tidak terpaku pada jadwal belajar seperti kegiatan reguler, serta lebih banyak melibatkan lingkungan dan masyarakat sekitar dibandingkan pembelajaran reguler. dan Peserta didik berperan besar dalam menentukan strategi dan aktivitas projeknya, sementara guru berperan sebagai fasilitator. Hasil P5 tidak harus dalam bentuk PRODUK atau bukan produk Memiliki RAPOR sendiri yaitu “Rapor Projek Profil Pelajar Pancasila”

            Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Babussalam Pekanbaru dilaksanakan setiap minggu dengan beban jam projek 5 JP dalam seminggu dan dilaksanakan pada setiap hari sabtu (akhir pekan) dimulai setelah  akhir  jam Intrakurikuler. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di koordinir oleh satu orang koordinator dan satu orang anggota (sekaligus sebagai fisilitator) dan ditambah dengan beberapa orang guru yang mata pelajarannya terintegrasi pada kegiatan projek tersebut pada semua kelas X (1, 2, 3, 4 dan 5). Ril jadwal pelaksanaan P5 terintergrasi pada jadwal Proses Belajar Mengajar (PBM) Intrakurikuler dan akan berakhir bersamaan dengan jam pelajaran Intrakurikuler pada kelas XI dan XII MIPA/IPS kurikulum -13 (K-13). Adapun

c. Ekstra Kurikuler

Kegiatan Ekstra Kurikuler di SMA Babussalam Pekanbaru pada Tahun Pelajaran 2024/2025 terintegrasi pada mata pelajaran Penjas Orkes berupa permainan takraw dan bela diri pencak silat, pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (masakan Melayu Riau), dan pada mata pelajaran Seni Budaya berupa motif dan ukiran Melayu Riau, kesenian-kesenian Melayu Riau, yang tujuanya untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah Riau. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, dan tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan..                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Muatan lokal pada mata pelajaran Seni Budaya dipelajari dan dikembangkan kemampuan peserta didik untuk membuat Seni Ornamen Melayu Riau. Muatan lokal pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKU) dipelajari dan dikembangkan kemampuan peserta didik dalam mempromosikan dan menjual hasil karya Seni Ornamen Melayu Riau melalui kegiatan-kigiatan bazaar, PPDB/open house, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Unjuk Prestasi, dan Prasidhidina di sekolah, dan even-even lain yang relavan di luar sekolah. Muatan lokal pada mata pelajaran Penjas Orkes dipelajari dan dilatih kompetensi peserta didik dalam permainan-permainan rakyat Riau, seperti olahraga sepak takraw dan kasti.

A.    Program Pengembangan Diri          

   Kegiatan pengembangan diri di SMA Babussalam Pekanbaru dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengekspresikan kemampuan dirinya berdasarkan bakat, minat dan potensi dirinya sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri ini difasilitasi oleh konselor (guru BK) dan guru lainnya dalam bentuk kurikuler dan ekstra kurikuler. Kegiatan ini meliputi:

a. Pengembangan Diri dalam Bentuk Kegiatan Kurikuler

Pengembangan diri dalam bentuk kurikuler dilaksanakan untuk kelas X, XI  dan XII berupa:

5)  Pembinaan Olimpiade Mata Pelajaran (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer, Kebumian, dan Astronomi).

Mekanisme pemilihan kelompok ini melalui tes tertulis yang diadakan oleh sekolah pada semester ganjil. Strategi pembinaan kelompok dilakukan minimal sekali dalam 2 minggu, melalui konsultasi jika diperlukan, dan mengikutsertakan dalam berbagai lomba di perguruan tinggi dan instansi terkait.

6)  Pengembangan Bahasa Inggris

Pengembangan Bahasa Inggris di SMA Babussalam Pekanbaru sudah dimulai pada Tahun Pelajaran 2016/2017, dan mulai Tahun Pelajaran 2016/2017 diarahkan agar mahir conversation dengan mengambil waktu mata pelajaran Sejarah Wajib, PPKN, Seni Budaya dan Prakarya selama 3 bulan pertama. Selama kurun waktu tersebut pembelajaran keempat mata pelajaran tersebut dilaksanakan dengan sistem modul dan penugasan.

7)  Pengembangan Bahasa Arab

Pengembangan Bahasa Arab untuk Tahun Pelajaran 2021/2022dilakukan dengan penjadwalan ekstrakuriku